Notification

×

Iklan orang cerdas

Iklan 1048 300 orang cerdas

Sejarah Pemindahan Ibu Kota

Kamis, 14 Desember 2023 | Desember 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-14T01:42:35Z

    
Yeni Adien dot com }   Dalam buku "VISUALISASI Ibu Kota Negara (IKN):"NUSANTARA " Prof YL Henuk menuliskan ejarah Perpindahan Ibukota Negara.

Pada tahun 1957 Presiden Soekarno menggagas pemindahan ibu kota negara ke Palangka Raya, saat meresmikan kota tersebut sebagai ibukota propinsi Kalimantan Tengah

Pada Tahun 1997, Presiden ke -2 Soeharto, mengeluarkan Keputusan Presiden no 1 tahun 1997 tentang koordinasi Pengembangan kawasan Jonggol sebagai kota mandiri, yang ditujukan untuk puat pemerintahan

Presiden ke-6 Soeilo Bambang Yudoyono menyodorkan Skenario mempertahankan kota Jakarta sebagai Ibu Kota namun direncanakan dan dibangun benar-benar, atau memindahkan Pusat Pemerintahan keluar darfi Jakarta'

"Pada Keempatan yang bersejarah ini, dengan memohon ridhlo Allah SWT. Dengan meminta izin dan dukungan Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, pada esepuh dan tokoh bangsa, terutama pada seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon Izin untuk memindahkan Ibukota Negara kita ke pulau Kalimantan" Presiden Joko Widodo.


Rencana Pemindahan Ibu Kota Sejak Kolonial hingga Sekarang

1808 - 1811 Wacana pertama memindahkan Ibukota oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda Herman Willem Deandels. Pusat pemerintahan akan dipindahkan ke Surabaya dan Bandung.

Di Era Kemerdekaan 

Ir oekarno di tahun 1945 menyampaikan gagasan untuk memindahkan Ibukota Negara ke Bandung, Malang, Surabaya, Surakarta, Kab Temanggung dan Magelang dan yang terjauh dari Jakarta dalah Palangkaraya Kalimantan Tengah.

Pada tahun 1964 tepatnya tanggal 22 Juni, Soekarno menetapkan Jakarta sebagai Ibukota Negara melalui UU 10/64

Era Soeharto 1967 - 1998

Berencana  Jonggol atau Bogor sebagai Ibu Kota Baru

Era SBY 2004 - 2014

Presiden Soesilo Bambang Yudhoyona membentuk tim khusus untuk mengkaji pemindahan Ibu Kota

Era JOKOWI

Di era Presiden Joko Widodo melanjutkan rencana pemindahan Ibu Kota dengan serius, melalui rapat dengan menteri Kabinet Kerja dan memutuskan yang pada bulan Agustus 2019 dimana Ibu Kota akan dipindahkan.



Tulis Komen Anda
di bagian bawah 👇
 
Sumber :   H2o



#OrangCerdasPilihYeni
Komentar Akun Facebook :

Komentar Akun Google :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Histat

Klik Iklan dibawah Tanah

TUTUP IKLAN
TUTUP IKLAN
×
Berita Terbaru Update